Daftar Isi:
  • Lingkungan adalah ruang dan waktu yang menjadi tempat eksistensi manusia. Menurut Wayne (2013) sekolah adalah sistem interaksi sosial suatu organisasi yang terdiri atas interaksi pribadi dengan seluruh pihak terkait seperti guru, kepala sekolah dan karyawan dalam suatu hubungan organik. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif akan mempengaruhi munculnya perilaku disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku disiplin siswa SMA Muhammadiyah 03 Jember. Pendekatan kuantitatif dalam bentuk asosiatif digunakan untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah 256 siswa SMA Muhammadiyah 03 Jember kelas X dan XI, dengan teknik sampling insidental. Skala psikologi sebagai pengumpulan data utama dengan model likert modifikasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS v.16. Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku disiplin dengan nilai sig. 0,011< p0,05. Nilai sumbangan efektif sebesar 0,025 yang artinya kontribusi variabel lingkungan sekolah sebesar 2,5% dan 97,5% dipengaruhi oleh faktor selain faktor lingkungan sekolah yakni lingkungan keluarga. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan sekolah tergolong dalam kategori rendah dengan prosentase sebesar 55,08% dan perilaku disiplin sebesar 55,47%.