Clustering Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means di UD. Makmur
Daftar Isi:
- UD.Makmur merupakan industri manufaktur yang bergerak pada pengiriman serta penjualan kayu.Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi UD.Makmur mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan hadiah.Implementasi dari clustering pelanggan potensial dapat membantu untuk menganalisa data yang diperoleh dari transaksi. Pengelompokan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode clustering. Algoritma yang digunakan adalah algoritma K-Means, informasi yang ditampilkan berupa nilai sentroid dari tiap-tiap cluster dan kelompok-kelompok pelanggan potensial.