Daftar Isi:
  • Sumber daya manusia dalam konteks lembaga pendidikan yang paling pokok adalah Pengajar, karena Pengajar berhubungan langsung dengan upaya pemberian jasa akademik bagi mahasiswa, yang sesungguhnya merupakan kegiatan inti dari suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu pengajar perlu memiliki kompetensi atau kemampuan, yaitu kompetensi andragogik, kompetensi professional, kompetensi keperibadian dan kompetensi sosial. Melalui kompetensi tersebut dapat dilakukan suatu penilaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi dalam mendukung kinerja pada kegiatan proses belajar mengajar, hasil evaluasi tersebut dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja pengajar kepada para pemangku kepentingan.Untuk melihat sejauh mana kemampuan dari para pengajar yang ada di lembaga pendidikan diperlukan sebuah penilaian. Penilaian yang belum terkomputerisasi akan membutuhkan waktu lama, maka dari itu dari penelitian ini diharapkan dapat membuat sebuah system pendukung keputusan yang terkomputerisasi untuk membantu pengambilan keputusan dengan baik dan tepat. Metode yang digunakan untuk sistem pendukung keputusan pemilihan Pengajar terbaik ini adalah FMCD (Fuzzy Multiple Criteria Decision Making). Ada 7 kriteria yang digunakan dalam system pendukung keputusan penilaian Pengajar terbaik ini yaitu: Penguasaan Materi, Cara penyampaian materi, Perhatian kepada siswa, Antusiasme mengajar, manfaat pengajaran, idealism mengajar dan Efektifitas penggunaan waktu. Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap Pengajar, melakukan perubahan kriteria dan perubahan nilai bobot. Dengan menggunakan metode FMCDM (Fuzzy Multiple Criteria Decision Making ) dapat ditentukan prioritas Pengajar dengan kinerja terbaik dengan efektif dan efisien.