Daftar Isi:
  • Minat belajar siswa SMPK Maria Fatima Jember pada mata pelajaran IPS sangat menonjol, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPK Maria Fatima Jember, sejumlah 120 siswa. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 89 siswa, dengan sampel uji coba alat ukur penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor model Confirmatory, yaitu jenis analisis faktor yang berdasarkan teori atau konsep penelitian sebelumnya. Rancangan dari skala ini terdiri dari 6 faktor yang dikembangkan oleh Rahayu (dalam Muhibbin, 2005) dan Chritine (dalam Painun 2008) dengan sejumlah item sebanyak 30 item dengan satu kali uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas skala. Uji reliabilitas skala penelitian ini menggunakan uji alpha, sedangkan validitas dari item skala ini adalah validitas konstrak empirik yang dapat dilihat dari hasil analisis faktor yang dilakukan. Validitas dari skala penelitian ini telah terpenuhi dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0.923, yang dianggap memenuhi kriteria skala baik. Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember, antara lain: faktor perasan senang (35.229%), faktor perhatian lebih (11.894%), faktor cara mengajar guru (6.400%), faktor karakter guru (5.904%), faktor suasana kelas (5.051%), faktor fasilitas belajar (4.271%).