Daftar Isi:
  • Bermain peran dapat meningkatkan peran sosial, melalui bermain peran bersama teman-temannya maka akan tumbuh kemampuannya dalam berkomunikasi. Dengan bermain peran “Pedagang” kemampuan daya imasjinasi anak terarah serta, bagaimana anak mampu berkomunikasi dengan temannya. Ia berperan layaknya pedagang bagaimana menawarkan barang dagangan kepada pembeli dengan cara berkomunikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bermain peran apa dapat meningkatkan sosial. Penelitian ini dilakukan tanggal 29 Mei 2017 pada anak Kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA 4) Mangli Tahun Pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode penjumlah data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama bermain peran dan hasil observasi. Berdasarkan hasil observasi dapat di simpulkan bahwa bermain peran pedagang dapat meningkatkan sosial anak secara klasikal dari 20 anak terdapat 15 anak berkembang optimal sosial. Dari perhitungan tersebut dapat di ketahui perkembangan sosial pada anak kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal pada siklus II 75% atau 15 anak. Hal ini membuktikan bahwa bermain peran sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan sosial anak.