Daftar Isi:
  • Metode menganyam digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam motorik halus, karena metode menganyam banyak memberikan kesempatan bagi anak untuk mengkoordinasikan tangan dan mata serta untuk mengontrol gerakan tangan menggunakan otot jari. Masalah penelitian yang diteliti adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok A di TK Harapan 2 Jambesari Bondowoso tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok A di TK Harapan 2 Jambesari Bondowoso tahun ajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di TKHarapan 2. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok A sebanyak 17 anak. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi anak untuk memperoleh data yang valid sebagai hasil penelitian Hasil penelitian secara klasikal menunjukkan prosentase kemampuan motorik halus anak yang diamati adalah koordinasi mata dan tangan serta dapat mengontrol gerakan tangan menggunakan otot jari. Hasil prasiklus 29% meningkat pada siklus I menjadi 70%, setelah dilakukan perbaikan perencanaan pada siklus II meningkat 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Harapan 2 Jambesari Bondowoso tahun pelajaran 2016-2017. Adapun saran peneliti bagi guru hendaknya dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajarandengan menggunakan media yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan menganyam.