Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Bermain Kolase pada Kelompok A di TK ABA II Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2015-2016
Daftar Isi:
- Umumnya, anak usia dini (TK) mengalami hambatan dalam pengembangan motorik halusnya, dimana hambatan ini dapat mempengaruhi keterampilan hidupnya dimasa mendatang. Penguasaan motorik halus penting bagi anak, karena seiring makin banyaknya keterampilan motorik yang dimiliki semakin banyak pula penyesuaian sosial yang dapat dilakukan anak serta semakin baik pula prestasi di lembaga TK. Ada banyak cara agar motorik halus anak dapat berkembang dengan baik, salah satunya dengan melakukan kolase. Kolase merupakan pembelajaran yang mengajak anak untuk aktif dan kreatif, sehingga dapat membuat suasana hati anak menjadi senang dan tidak terbebani. Masalah yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui bermain kolase kelompok A di TK ABA II Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2015-2016? Penelitian dilakukan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui bermain kolase kelompok A di TK ABA II Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2015-2016. Hipotesis dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia dini dapat ditingkatkan melalui bermain kolase pada kelompok A di TK ABA II Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama bermain kolase dan hasil observasi siswa TK. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa bermain kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK ABA II Genteng Banyuwangi tahun ajaran 2015-2016.