Daftar Isi:
  • Kognitif adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk berfikir lebih kompleks, serta kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Puzzle adalah permainan klasik. Bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar memecahkan masalah. Dengan mencoba beberapa cara memasangkan potongan – potongan menjadi bentuk utuh. Masalah yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain puzzle pada anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kaliwates – Jember tahun pelajaran 2015 – 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kognitif anak melalui bermain puzzle. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016 pada anak kelompok A semester II ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kaliwates – Jember tahun pelajaran 2015 – 2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan bermain puzzle, hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak secara klasikal dari 16 anak terdapat 12 anak yang sudah berkembang kemampuan kognitifnya. Hal ini mencerminkan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, khususnya anak kelompok A ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kaliwates – Jember.