Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Debat Aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 24 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi, (4) rencana perbaikan. Menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu (1) observasi (2) wawancara. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II. Prosentase ketuntasan klasikal terhadap hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 40% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Debat Aktif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa .