Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Islam Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Murder di SMP Muhammadiyah 1 Jember
Daftar Isi:
- Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Jember rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang semangat. Model pembelajaran Murder merupakan inovasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Murder dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 46.2 % meningkat menjadi 88.4 % pada siklus 2. Penerapan model pembelajaran Murder dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Murder dalam meningkatkan hasil belajar siswa.