Daftar Isi:
  • PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Unit Puger Cabang Jember merupakan sebuah lembaga yang didirikan dengan tujuan utama menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Kredit yang diberikan bank sangat membantu masyarakat dalam pengadaan modal usaha dan lainnya. Masalah yang timbul dalam pemberian kredit adalah tidak kembalinya kredit sesuai perjanjian yang telah ditetapkan, dengan tidak kembalinya atau terjadinya kredit macet maka akan berisiko terhadap kelancaran usaha bank tersebut. Oleh karena itu pemberian kredit berisiko, maka dibutuhkan pengendalian internal yang maksimal dan didukung dengan sistem informasi akuntansi untuk menghindari terjadinya kredit macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi dalam mendukung pengendalian internal pemberian kredit pada PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Unit Puger Cabang Jember guna untuk mendapatkan gambaran yang jelas dalam penerapannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung dengan pihak terkait yang ada di perusahaan dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, kemudian analisa data dilakukan dengan metode deskriptif yaitu dengan menelaah dan membandingkan dengan berbagai teori yang relevan dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi sudah memadai. Namun pengendalian internal dalam PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Unit Puger Cabang Jember kurang memadai dimana masih terdapat kelemahan pada fungsi organisasi yang ada diperusahaan khususnya pada bagian penagihan sehingga kurang berjalan optimal sebagaimana mestinya dikarenakan kurang tegas dalam menagih pada nasabah yang memiliki tunggakan, maka diperlukan ketegasan pimpinan cabang pada bagian penagihan dalam hal menagih agar meminimalisir terjadinya kredit macet.