Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah biasanya hanya menekankan pada proses berhitung, sehingga banyak siswa yang kurang paham dengan konsep matematika. Selain itu, pembelajaran sering kali bergantung pada guru. Akibatnya, siswa kurang aktif dalam menemukan konsep matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan dan kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan Dick & Carey. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di SMP Nuris Jember. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E. Produk yang diharapkan dari pengembangan ini berupa modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi yang memuat bagian-bagian: Ayo berpikir, Pengamatan, Tanya si Pintar, Teamwork, Latihan soal, Rangkuman, Tes Akhir, dan Jawaban. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data dari produk, antara lain: (1) penilaian validator dalam lembar validasi adalah 3,9 (2) penilaian siswa melalui angket respon siswa adalah 3,78 (3) presentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui soal tes adalah 58,33%. Berdasarkan hasil tersebut, kriteria modul pembelajaran matematika yang dihasilkan adalah valid, praktis, dan cukup efektif.