Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balok terhadap kreativitas siswa, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balokterhadap kreativitas siswa SMPN 2 Kalisat.Kreativitas siswa merupakan kemampuan siswa untuk membuat konsep pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bidang studi matematika SMPN 02 Kalisat bahawa siswa masih cenderung pasif dan kurang aktif, dan kurangnya pengaplikasian pembelajaran matematika pada kehidupn sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang mengembangan kreativitas siswa adalah pendekatan scientific. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kubus dan balok. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data diantaranya, yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Kreativitas siswa selama menerapkan pendekatan scientific pada kelas eksperimen untuk siswa yang tidak kreatif sebesar (12,5%), kurang kreatif sebesar (12,5%), cukup kreatif sebesar (33,33%) dan kreatif sebesar (41,66%). Sedangkan untuk hasil observasi pada kelas kontrol untuk siswa tidak kreatif sebesar (50%), kurang kreatif sebesar (25%), cukup kreatif sebesar (20,83%), dan kreatif sebesar (12,5%). Dan hasi tes Pembelajara matematika dengan pendekatan scientific sangat berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada pokok bahasan kubus dan balok di lihat dari Kp kelas eksperimen sebesar 23,51% dan Kp kelas kontrol sebesar 15,16%.