Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa indonesia tergolong sangat rendah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 13 April sampai 15 Mei 2017 di SMP Negeri 7 Jember pada kelas VIII H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian pada hasil tes baik pretest maupun posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pretest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan Z_hitung>-Z_tabel=-0,363>-0,05, artinya tidak ada perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil posttest menunjukkan Z_hitung<-Z_tabel=-0,363<-0,05, artinya ada perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.