Daftar Isi:
  • Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah matematika sering dianggap sulit, mata pelajaran yang kurang diminati, sehingga siswa kurang kreatif dan siswa terlalu pasif. Kreativitas siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kreativitas siswa SMP Nuris Jember kelas VII tahun pelajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Nuris Jember kelas VII tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kreativitas siswa SMP Nuris Jember kelas VII tahun pelajaran 2016/2017, dan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa SMP Nuris Jember kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 9 Mei sampa16 Mei 2017 di SMP Nuris Jember pada kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian pada hasil tes baik Pre-test maupun Post-test. Hasil Pre-test diperoleh bahwa nilai sig=0,453>α=0,05, sedangkan hasil Pre-test dan Post-test Kreativitas didapatkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa adalah tidak kreatif, kurang kreatif, dan cukup kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap kreativitas siswa dan ada pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa.