Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi REACT Menggunakan Authentic Assessment pada Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Latar belakang pemilihan subjek dan lokasi peneliti adalah karena ketuntasan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo yang diterapkan belum tercapai. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi REACT menggunakan authentic assessment untuk meningkatkan hasil belajar? Tujuan pada penelitian yang didapat adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa saat penerapan stategi REACT menggunakan authentic assessment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIIID di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Penelitian ini dilaksanakan pada 29 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klisakal yaitu 70% dari siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dengan strategi REACT menggunakan authentic assessment pada materi kubus dan balok, mampu meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yang ditetapkan SMP Muhammadiyah 9 Watukebo-Jember.