Daftar Isi:
  • Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi dan observasi di SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas XI IPA3 diperoleh hasil bahwa pada saat pembelajaran berlangsung banyak kendala yang dihadapi salah satunya model atau metode pembelajaran yang digunakan. Model yang digunakan dalam pembelajaran yakni ceramah yang di selingi dengan diskusi. Namun tidak semua siswa berperan aktif selama pembelajaran berlangsung, hanya didominasi oleh siswa-siswi tertentu saja. Selama pembelajaran guru jarang menggunakan sarana prasarana yang dimiliki sekolah seperti laboratorium. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu untuk melaksanakan praktikum, praktikum biologi membutuhkan waktu yang lama, sedangkan guru cenderung untuk menyelesaikan materi. Dan dalam kegiatan diskusi siswa lebih memilih membentuk kelompok sendiri dibandingkan guru yang menentukan kelompoknya. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang lebih menarik pada saat pembelajaran. Salah satunya model Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 4 tahapan antara lain yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.. Pengumpulan data melalui : (1) Wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi (4) tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara,observasi dan soal tes. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat seperti kognitif siklus I 71% menjadi 84% di siklus II, afektif siklus I 62% menjadi 80% di siklus II dan psikomotor siklus I 56% menjadi 84% di siklus II. Sedangkan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Number Heads Together (NHT) dengan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember materi pencemaran lingkungan.