Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalisat tepatnya kelas VIIB yang dilakukan pada tanggal 27 April 2016- 04 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi, dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal minat siswa pada Siklus I mencapai 80% meningkat 5% pada siklus II menjadi 85%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 70% meningkat 15% pada siklus II menjadi 85%. Ranah afektif siklus I mencapai 61% meningkat 21% pada siklus II menjadi 82%. Ranah psikomotor siklus I mencapai 58,5% meningkat 27.5% pada siklus II menjadi 86%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 2 kalisat.