Course Review Horay Dipadu Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang melaksanakan model pembelajaran koperatif tipe Course Review Horaydipadu dengan metodeMind Mapping. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Muhammadiyah 1 Jember dengan sampel penelitian berjumlah 25 orang. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara,dan soal test.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus nilai kognitif siswa yang mencapai ketuntasan klasikal hanya 12%, pada siklus I telah dicapai nilai dari ketuntasan klasikal nilai kognitif siswa sebesar 80% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horaydipadu dengan metodeMind Mappingdapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.