Daftar Isi:
  • Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang dianggap efektif jika siswa terlibat secara aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, dan memberikan siswa belajar dengan waktu dan ruang yang nyaman. Di era globalisasi saat ini siswa sangat mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Internet dapat digunakan siswa untuk belajar secara online. Salah satu metode pembelajaran online yaitu pembelajaran e-learning (edmodo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis pada motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kognitif menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan nilai posttest yaitu P-value atau Significance lebih kecil dari nilai α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis disimpulkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.