Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model Reciprocal teaching berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Regulasi Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah tes, wawancara dan observasi. Sumber data adalah siswa dan guru, data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil tes pada saat sebelum tindakan siklus I dan siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal teaching berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA pada materi Sistem Regulasi Manusia. Pada siklus I persentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 66,67% yang kemudian meningkat menjadi 76,19% pada siklus II. Untuk aspek afektif persentase ketercapaian siklus I 78,72% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,80%. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I sebesar 75,12% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,41%.