Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA siswa kelas VII A di MTs Nurul Ihsan Tempeh, hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi menyatakan hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini disebabkan kurang menariknya pembelajaran sehingga berdampak kurangnya keinginan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Kenyataannya kegiatan pembelajaran diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal materi. Masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pola Control Group Pre test-Post test Design terdiri satu variabel bebas yaitu PBL berbasis praktikum dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis praktikum dan model pembelajaran konvensional memiliki perbedaan yang tidak begitu signifikan. Hal ini dilihat dari hasil posttest siswa yang diuji menggunakan uji independent t, tes diperoleh sig = 0,065 dan α = 0,05. Karena sig < α maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis praktikum terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan terdapat perbedaan hasil belajar. Saran dari penelitian adalah guru diharapkan sering melatih siswa berdiskusi dan praktikum, sehingga siswa terbiasa berinteraksi dalam pembelajaran.