Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Radlatul Ulum belum menunjukkan hasil yang memuaskan, Masalah utama dalam pembelajaran di MTs Radlatul Ulum model yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga masalah dalam penelitian ini membedakan dua model yang belum pernah diterapkan yaitu model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif. Adapun tujuannya untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa kelas VIIA dan VIIB MTs Raudlatul ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan hampir satu bulan yaitu pada 25 April sampai 16 Mei 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa yang diajar menggunakan model TPS dan STAD memiliki perbedaan yang signifikan. Dapat dilihat dari hasil postest siswa yang diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent t-tes diperoleh sig = 0,21 dan α = 0,10 Karena sig < α maka Ha diterima. Kesimpulan penelitian inii terdapat perbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa kelas VIIA dan VIIB MTs Raudlatul ulum. Saran dalam penelitian diharapkan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.