Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi di kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan kognitif siswa terhadap mata pelajaran IPA, siswa kurang berlatih berbicara dan mengemukakan pendapat, guru juga masih lebih sering menggunakan metode ceramah kurang adanya variatif dan inovatif pembelajaran lain. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapatkan dari studi dokumentasi hanya mencapai 45% yang berarti belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Diskusi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo di kelas VII C yang dilaksanakan pada tanggal 19 Mei - 27 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada keaktifan siswa dan hasil belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Diskusi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan ekosistem (Kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Tahun Ajaran 2015/2016).