Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu digunakan metode Demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan mendukung proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pelajaran matematika dengan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIA di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo – Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan aktivitas belajar siswa setelah dilakukan tindakan yaitu 57,2% pada siklus 1 menjadi 61,7% pada siklus 2. Selain itu, penelitian ini juga meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 57,5% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan media benda asli pada materi persegi dan persegi panjang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 9 Watukebo – Jember.