Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A pada Pokok Bahasan Segiempat di SMP Negeri 1 Ranuyoso Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Farichah, Chodijah |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhjember.ac.id/1780/1/ARTIKEL.pdf http://repository.unmuhjember.ac.id/1780/ |
Daftar Isi:
- Strategi Rotating Trio Exchange ini melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta mengutamakan kerjasama kelompok untuk memecahkan masalah. Dengan adanya konsep perputaran anggota kelompok dalam mengkonstruksi konsep matematika, diharapkan dapat membangkitkan keaktifan siswa sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah (1) bagaimana peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif dengan strategi Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Ranuyoso kelas VIIA tahun ajaran 2015/2016? (2) bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif dengan strategi Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Ranuyoso kelas VIIA tahun ajaran 2015/2016? Terdapat dua tujuan peneliti yang dirangkum peneliti yaitu meningkatan aktivitas siswa dan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif dengan strategi Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Ranuyoso kelas VIIA tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ranuyoso. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas kelas VIIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, presentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 45,31%; 51,82%; 82,31%; 84,37%. Peningkatan juga terlihat pada ketuntasan hasil belajar siswa 65,62% siklus I menjadi 93,75% siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Rotating Trio Exchange pada materi segiempat dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.