Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis service learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini pada siswa kelas VII-C SMP Negeri Sumberbaru Kabupaten Jember.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif siklus I 72,22% dilanjutkan ke siklus II mencapai 86,11%. Peningkatan hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 77,62% dan siklus II sebesar 87,50%, sedangkan pada ranah psikomotor siklus I sebesar 78,04%dan siklus II sebesar 85,71%.Hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis service learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII-CSMP Negeri 1 Sumberbaru Jember.