Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Gqga Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X Ipa 2 Sma Muhammadiyah 3 Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2015/2016)
Daftar Isi:
- Faktanya dikelas X IPA 2 SMA 3 Muhammadiyah 3 Jember menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah akibatnya tujuan pembelajaran biologi yang tercantum dalam kurikulum belum sepenuhnya tercapai. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapatkan dari studi dokumentasi hanya mencapai 63,8% yang berarti belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 (SMA Muhammadiyah 3 Jember pokok bahasan ekosistem). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember di kelas X IPA 2 yang dilaksanakan pada tanggal 2 April - 27 April 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada keaktifan siswa dan hasil belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Giving Questions and Gettinng Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas X IPA 2 (SMA Muhammadiyah 3 Jember Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2015/2016).