Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah memvalidasi, mengetahui keterbacaan dan tingkat kesulitan, serta respon siswa terhadap LKS berorientasi active learning untuk kelas VII pada pokok bahasan Ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu penentuan (define), pengembangan (develop) and evaluasi (evaluate). Penilaian uji validasi Para ahli dilakukan oleh ahli pengembangan bahan ajar, ahli materi, dan ahli pengguna, sedangkan uji coba terbatas pada siswa sebanyak 10 orang siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Bondowoso. Hasil analisis skor rata-rata penilaian para ahli diperoleh rata-rata 4,32 dengan kriteria valid dan ahli pengguna diperoleh nilai rata-rata 4,11 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan sangat valid serta dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan bahwa LKS tersebut mudah terbaca dengan baik, serta respon siswa yang memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan lebih dari 80%.