Penerapan Model Gi dipadu Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation dipadu dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan alat ukur tes hasil belajar pada materi arthropoda, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I ranah kognitif diperoleh nilai ketuntasan sebesar 72,5%, pada ranah afektif sebesar 74,44% dan pada ranah psikomotor sebesar 76%. Kemudian pada pembelajaran siklus II pada ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 87,5%, pada ranah afektif mengalami peningkatan menjadi 77,77%, dan pada ranah psikomotor mengalami peningkatan menjadi 79%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Group Investigation dipadu Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.