ctrlnum 1708
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/</relation><title>Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa (Kelas Xa Sma Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember pada Pokok Bahasan Jaring-jaring Makanan Tahun Ajaran 2012-2013)</title><creator>Ulin Nuha, Dian</creator><subject>370 Education</subject><subject>371 Educational Institutions, Schools and Their Activities</subject><subject>570 Biology</subject><description>Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan masih rendahnya hasil belajar biologi di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran biologi di sekolah masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Oleh karena itu peneliti mengunakan pembelajaran role playing yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran role playing pada sub pokok bahasan jaring-jaring makanan, bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran role playing, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran role playing.&#xD; Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyahh 1 Rambipuji-Jember. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada tanggal 08 Mei 2013 sampai dengan 20 Mei 2013. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XA.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.&#xD; Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. seluruh aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran cukup memuaskan yaitu pada aspek kognitif terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 76% meningkat 27% menjadi 97% pada siklus II, aktifitas siswa untuk aspek afektif pada siklus I 59,8% meningkat 17% menjadi 70% Pada siklus II. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I 58,8% meningkat 27% menjadi 74%. Hal ini menunjukkkan bahwa pembelajaran role playing dapat dipertimbangkan sebagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru.&#xD; Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah dengan diterapkannya metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran Pada saat malaksanakan pembelajaran melalui metode simulasi tipe role playing guru hendaknya selalu mengelola kelas dengan baik dan mengatur waktu yang tepat dalam melakukan simulasi bermain peran karena dapat menggangu kelas lain dan sebagian siswa ada yang tidak percaya diri dan takut.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/1/WORD.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/7/cover%20depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/9/xvii%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/10/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/11/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/12/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/13/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/14/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/15/bab%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/16/1%2C%20DOKUMENTASI%20PENELITIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/17/2%2C%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20TULISAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/18/3%2C%20RIWAYAT%20%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Ulin Nuha, Dian (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa (Kelas Xa Sma Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember pada Pokok Bahasan Jaring-jaring Makanan Tahun Ajaran 2012-2013). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER. </identifier><recordID>1708</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ulin Nuha, Dian
title Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa (Kelas Xa Sma Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember pada Pokok Bahasan Jaring-jaring Makanan Tahun Ajaran 2012-2013)
publishDate 2016
topic 370 Education
371 Educational Institutions
Schools and Their Activities
570 Biology
url http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/1/WORD.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/7/cover%20depan.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/9/xvii%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/10/BAB%20I.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/11/BAB%20II.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/12/BAB%20III.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/13/BAB%20IV.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/14/BAB%20V.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/15/bab%20VI.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/16/1%2C%20DOKUMENTASI%20PENELITIAN.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/17/2%2C%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20TULISAN.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/18/3%2C%20RIWAYAT%20%20HIDUP.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1708/
contents Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan masih rendahnya hasil belajar biologi di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran biologi di sekolah masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Oleh karena itu peneliti mengunakan pembelajaran role playing yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran role playing pada sub pokok bahasan jaring-jaring makanan, bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran role playing, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyahh 1 Rambipuji-Jember. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada tanggal 08 Mei 2013 sampai dengan 20 Mei 2013. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XA.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. seluruh aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran cukup memuaskan yaitu pada aspek kognitif terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 76% meningkat 27% menjadi 97% pada siklus II, aktifitas siswa untuk aspek afektif pada siklus I 59,8% meningkat 17% menjadi 70% Pada siklus II. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I 58,8% meningkat 27% menjadi 74%. Hal ini menunjukkkan bahwa pembelajaran role playing dapat dipertimbangkan sebagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah dengan diterapkannya metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran Pada saat malaksanakan pembelajaran melalui metode simulasi tipe role playing guru hendaknya selalu mengelola kelas dengan baik dan mengatur waktu yang tepat dalam melakukan simulasi bermain peran karena dapat menggangu kelas lain dan sebagian siswa ada yang tidak percaya diri dan takut.
id IOS14212.1708
institution Universitas Muhammadiyah Jember
institution_id 640
institution_type library:university
library
library Digilib Universitas Muhammadiyah Jember
library_id 1079
collection Repository Universitas Muhammadiyah Jember
repository_id 14212
city JEMBER
province JAWA TIMUR
repoId IOS14212
first_indexed 2020-07-23T10:18:53Z
last_indexed 2022-03-02T22:04:12Z
recordtype dc
_version_ 1726227754728292352
score 17.538404