Daftar Isi:
  • Pembelajaran adalah sebuah interaksi antara siswa dan guru disertai dengan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fakta dikelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo menunjukkan hasil belajar siswa secara klasikal belum mencapai kriteria ketuntasan minimum, sehingga tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapat dari studi dokumentasi hanya mencapai 42,8%. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Kondusifitas dan Hasil Belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo (pokok bahasan ekosistem). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo pada tanggal 19 Mei 2016 - 28 Mei 2016. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, lembar cek dan tes. PTK ini dilakukan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kondusifitas dan hasil belajar siswa meningkat selama menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada aspek kondusifitas, kognitif, afektif, dan psikomotor, disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share meningkatkan kondusifitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo pada mata pelajaran IPA materi pokok ekosistem.