Strategi Icm dengan Alat Peraga Tiga Dimensi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
Main Author: | Dewi Erminati, Agnes |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhjember.ac.id/1700/1/FIX%20ARTIKEL.pdf http://repository.unmuhjember.ac.id/1700/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif Index Card Match (ICM) disertai alat peraga tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dengan menggunakan pola Two Group Pre test-Post test Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA SMAN Arjasa dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 3. Instrumen pengumpulan data motivasi adalah angket dengan model ARCS dan data hasil belajar dengan tes dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data dengan uji homogenitas, uji normalitas dan menggunakan “uji t”. Hasil analisis adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif Index Card Match dengan alat peraga tiga diemensi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.