Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horray Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran course review horray berbasis praktikum dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP PGRI Mumbulsari pada materi ekosistem. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP PGRI Mumbulsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan antara 2 siklus. Dilaksanakan pada tanggal 2 Mei sampai 19 Mei 2016. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan anatara 2 siklus. Siklus 1 mencapai 75% dan siklus II mencapai 87% dengan peningkatan sebesar 12%. Ranah afektif siklus I mencapai 78,2% dan siklus II mencapai 83,6% dengan peningkatan sebesar 5,4%. Sedangkan ranah psikomotor siklus I mencapai 79,4% dan siklus II mencapai 84,1% dengan peningkatan sebesar 4,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran course review horray berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi Ekosistem.