Lokusi, Ilokusi dan Perlokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran
Daftar Isi:
- Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah tindak tutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII C SMP Muhammdiyah 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Jember. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Jember, pada tanggal 27 April 2017. Teknik pengumpul data adalah observasi, rekam dan catat. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa kamera digital. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan terdapat tiga jenis tindak tutur dari tuturan guru bahasa Indonesia pada saat proses pembelajaran di kelas. Ketiga tindak tutur tesebut yakni, tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat 6 tindak tutur lokusi, terdapat 23 tindak tutur ilokusi, dan terdapat 7 tindak tutur perlokusi dari 1 rekaman.