Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Gaya Hidup, dan Loyalitas Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Kopi di Cafe Stasiun Kopi Patrang Jember

Main Author: Dwi Iswanto, Wahyu
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/1481/1/JURNAL.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1481/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Café Stasiun Kopi Patrang Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, gaya hidup dan loyalitas terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 100 responden dengan teknik purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F,uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk (0,292), harga (0,199), gaya hidup (0,209) dan loyalitas (0,227), semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari uji t diperoleh hasil kualitas produk (0,000), harga (0,015), gaya hidup (0,002) dan loyalitas (0,004), semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari uji F diperoleh hasil kualitas produk, harga, gaya hidup dan loyalitas, semuanya berpengaruh signifikan (0,000) secara simultan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji determinasi diperoleh 73,7% variasi variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, gaya hidup dan loyalitas, sedangkan sisanya sebesar 26,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.