Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Cita Rasa Produk dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan pada Produk Roti Ceria Jember

Main Author: Nur Choerini, Yussy
Format: Article PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/1410/1/ARTIKEL.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/1410/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan cita rasa produk terhadap retensi pelanggan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh konsumen Roti Ceria Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden, menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa citra merek, kualitas pelayanan, dan cita rasa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Analisis regresi menunjukkan bahwa citra merek, kualitas pelayanan dan cita rasa produk memiliki nilai koefisien positif, yang berarti semua variabel independen berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan. Analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa 85.8% retensi pelanggan dipengaruhi oleh citra merek, kualitas pelayanan dan cita rasa produk. Sedangkan sisanya 14.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model atau persamaan, seperti lokasi, promosi, harga dan lain-lain.