Pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek Mobil Suzuki Ertiga (Study Kasus pada Klub Mobil Suzuki Ertiga ERCI Jember)
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bangaimana pengaruh brand community terhadap loyalitas merek klub mobil Suzuki Ertiga Jember ERCI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Brand Community terhadap loyalitas merek secara simultan dan parsial. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode Sensus, dimana sensus tersebut adalah semua populasi yang dijadikan sampel, populasi yang saya ambil yaitu semua anggota ERCI sebanyak 50 anggota, dengan demikian sampel yang diambil oleh peneliti sebesar 50 orang responden. Hasil uji yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel kesadaran bersama, ritua dan tradisi, dan rasa tanggung jawab moral berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek secara parsial maupun simultan. Meskipun semua variabel dinyatakan berpengaruh terhadap loyalitas merek tetapi peneliti berharap bagi peneliti selanjutnya dapat memakai variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas merek seperti citra merek dan promosi. Dikarenakan hasil dari koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 60,7% dimana sisah 39,3% masi dipengaruhi oleh variabel lain.