Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Layout dan Interior Display terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamart Wilayah Kampus Jember
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Alfamart wilayah kampus Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, store layout, dan interior display terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 80 responden dengan teknik purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F,uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (0,117), store layout (0,403) dan interior display (0,372), semuanya berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil kualitas pelayanan (0,001), store layout (0,000) dan interior display (0,000), semuanya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil kualitas pelayanan, store layout dan interior display, semuanya berpengaruh signifikan (0,000) secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil uji determinasi diperoleh 91,6% variasi variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, store layout dan interior display, sedangkan sisanya sebesar 8,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.