Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Retensi Pelanggan(Studi pada Mahasiswa Pengguna Kartu Perdana Telkomsel di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember)
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk menganilisis pengaruh harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap retensi pelanggan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasisa aktif Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Jember, yakni berjumlah 1.697 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Analisis regresi menunjukkan bahwa harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki nilai koefisien positif, yang berarti semua variabel independen berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan. Analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa 53.8% variabel retensi pelanggan dapat dijelaskan oleh harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 46.2% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti switching cost, citra merek, citra perusahaan dan lain-lain.