Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Agen Beras Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di agen beras Barokah. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh pelanggan agen beras Barokah. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan harga dan lokasi secara individu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di agen beras Barokah. Hal ini menunjukkan jika pelayanan yang diberikan semakin baik, harga beras yang ditawarkan semakin terjangkau dan lokasi toko semakin strategis maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa 0.570, yang berarti 57% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan harga dan lokasi. Sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model atau persamaan, seperti kualitas produk citra perusahaan dan lain-lain.