ctrlnum 836
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/836/</relation><title>Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah&#xD; Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert&#xD; Di Kelas VII SMPN 29 Padang</title><creator>Refnita, Refnita</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa siswa kelas VII di&#xD; SMP 29 Padang yang rendah dalam mengubah masalah matematika dari bentuk&#xD; cerita menjadi model matematika. Terdapat beragam proses berpikir siswa dalam&#xD; memecahkan masalah matematika yang diberikan oleh guru yang dipengaruhi&#xD; oleh kepribadian siswa yang juga beragam.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa&#xD; kelas VII SMPN 29 Padang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian&#xD; introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan&#xD; penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian&#xD; adalah semua siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Siswa kelas VIII.9 terpilih&#xD; sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang&#xD; digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah,&#xD; kuesioner kepribadian dan pedoman wawancara.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian&#xD; introvert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi&#xD; sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok rendah&#xD; cenderung memiliki proses berpikir akomodasi dalam menyelesaikan masalah&#xD; matematika. Sementara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dari&#xD; kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi dan siswa dengan&#xD; tipe kepribadian ekstrovert kelompok rendah cenderung memiliki proses&#xD; pemikiran akomodasi.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memberikan&#xD; pemahaman atau arahan kepada siswa untuk membuat rencana penyelesaian&#xD; terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah atau menguji ulang solusi yang&#xD; diperoleh, sehingga kesalahan yang muncul dalam memecahkan masalah dapat&#xD; segera diketahui dan diperbaiki.</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/1/27%20REFNITA%201510013211017%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/2/27%20REFNITA%201510013211017%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/3/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/4/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/5/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/6/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/7/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/8/27%20REFNITA%201510013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Refnita, Refnita (2020) Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>836</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Refnita, Refnita
title Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang
publishDate 2020
isbn 2015100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/836/1/27%20REFNITA%201510013211017%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/2/27%20REFNITA%201510013211017%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/3/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/4/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/5/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/6/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/7/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/8/27%20REFNITA%201510013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/836/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa siswa kelas VII di SMP 29 Padang yang rendah dalam mengubah masalah matematika dari bentuk cerita menjadi model matematika. Terdapat beragam proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan oleh guru yang dipengaruhi oleh kepribadian siswa yang juga beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VII SMPN 29 Padang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Siswa kelas VIII.9 terpilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, kuesioner kepribadian dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok rendah cenderung memiliki proses berpikir akomodasi dalam menyelesaikan masalah matematika. Sementara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi dan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert kelompok rendah cenderung memiliki proses pemikiran akomodasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memberikan pemahaman atau arahan kepada siswa untuk membuat rencana penyelesaian terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah atau menguji ulang solusi yang diperoleh, sehingga kesalahan yang muncul dalam memecahkan masalah dapat segera diketahui dan diperbaiki.
id IOS14200.836
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:27:54Z
last_indexed 2020-10-01T00:27:54Z
recordtype dc
_version_ 1686871791216099328
score 17.538404