Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang
ctrlnum |
836 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/836/</relation><title>Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah
Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert
Di Kelas VII SMPN 29 Padang</title><creator>Refnita, Refnita</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa siswa kelas VII di
SMP 29 Padang yang rendah dalam mengubah masalah matematika dari bentuk
cerita menjadi model matematika. Terdapat beragam proses berpikir siswa dalam
memecahkan masalah matematika yang diberikan oleh guru yang dipengaruhi
oleh kepribadian siswa yang juga beragam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa
kelas VII SMPN 29 Padang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian
introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian
adalah semua siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Siswa kelas VIII.9 terpilih
sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah,
kuesioner kepribadian dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian
introvert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi
sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok rendah
cenderung memiliki proses berpikir akomodasi dalam menyelesaikan masalah
matematika. Sementara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dari
kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi dan siswa dengan
tipe kepribadian ekstrovert kelompok rendah cenderung memiliki proses
pemikiran akomodasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memberikan
pemahaman atau arahan kepada siswa untuk membuat rencana penyelesaian
terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah atau menguji ulang solusi yang
diperoleh, sehingga kesalahan yang muncul dalam memecahkan masalah dapat
segera diketahui dan diperbaiki.</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/1/27%20REFNITA%201510013211017%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/2/27%20REFNITA%201510013211017%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/3/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/4/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/5/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/6/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/7/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/836/8/27%20REFNITA%201510013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Refnita, Refnita (2020) Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di Kelas VII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>836</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Refnita, Refnita |
title |
Analisis Proses Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah
Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert
Di Kelas VII SMPN 29 Padang |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100132110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/836/1/27%20REFNITA%201510013211017%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/2/27%20REFNITA%201510013211017%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/3/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/4/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/5/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/6/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/7/27%20REFNITA%201510013211017%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/8/27%20REFNITA%201510013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/836/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa siswa kelas VII di
SMP 29 Padang yang rendah dalam mengubah masalah matematika dari bentuk
cerita menjadi model matematika. Terdapat beragam proses berpikir siswa dalam
memecahkan masalah matematika yang diberikan oleh guru yang dipengaruhi
oleh kepribadian siswa yang juga beragam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa
kelas VII SMPN 29 Padang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian
introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian
adalah semua siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Siswa kelas VIII.9 terpilih
sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah,
kuesioner kepribadian dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian
introvert dari kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi
sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert dari kelompok rendah
cenderung memiliki proses berpikir akomodasi dalam menyelesaikan masalah
matematika. Sementara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dari
kelompok tinggi cenderung memiliki proses berpikir asimilasi dan siswa dengan
tipe kepribadian ekstrovert kelompok rendah cenderung memiliki proses
pemikiran akomodasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memberikan
pemahaman atau arahan kepada siswa untuk membuat rencana penyelesaian
terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah atau menguji ulang solusi yang
diperoleh, sehingga kesalahan yang muncul dalam memecahkan masalah dapat
segera diketahui dan diperbaiki. |
id |
IOS14200.836 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-10-01T00:27:54Z |
last_indexed |
2020-10-01T00:27:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871791216099328 |
score |
17.538404 |