ANALISIS BRAND EQUITY SABUN KESEHATAN MEREK DETTOL DI KOTA PADANG
Daftar Isi:
- ANALISIS BRAND EQUITY SABUN KESEHATAN MEREK DETTOL DI KOTA PADANG Oktavia Dina Putri1, Lindawati 2,Surya Dharma3 1,2,3 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta Email :oktaviadinaputri@gmil.comL11nda@yahoo.co.idsdharma@gmail.com ABTSRAK Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskriptifkan dimensi-dimensi ekuitas merek (brand equity) yang dilihat dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas merek (brand perceived quality) dan loyalitas merek (brand loyalty) sabun kesehatan merek Dettol di Kota Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakanproduk sabun kesehatan merek Dettoldi Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang konsumen.Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Metode analisa data yang dipergunakan adalah dengan cara analisis ukuran kecenderungan terpusat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut untuk kesadaran merek sabun mandi kesehatan yang berada dipuncak pikiran konsumen adalah sabun mandi kesehatan lifebuoy. Namun untuk pengingatan kembali merek (brand recall)adalah sabun mandi kesehatan Nuvo. sementara untuk sabun kesehatan yang tidak diketahui konsumen adalah sabun mandi kesehatan nuvo.Untuk asosiasi merek, penilaian konsumen terhadap asosisi merek sabun kesehatan merek dettol secara keseluruhn rata-rata mencapai 18,8986 yang masuk pada kriteria tinggi. Untuk persepsi kualitas, penilaian konsumen terhadap persepsi kualitas sabun kesehatan merek dettol Secara keseluruhan rata-rata mencapai 14,7174 yang masuk pada kriteria tinggi. Untuk loyalitas merek , penilaian konsumen terhadap loyalitas merek sabun kesehatan merek dettol secara keseluruhn rata-rata mencapai 18,3188 yang masuk pada kriteria tinggi. Kata Kunci : Brand Equity