ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PENUMPANG TRASPORTASI ONLINE GO-JEK DAN GRAB-BIKE DI KOTA PADANG DITINJAU DARI MODEL SERVQUAL
Daftar Isi:
- ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PENUMPANG TRASPORTASI ONLINE GO-JEK DAN GRAB-BIKE DI KOTA PADANG DITINJAU DARI MODEL SERVQUAL Oleh: Elmon Gunawan1, Lindawati, S E, M.si2, Purbo Jatmiko, S.E, M.Sc3 Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Bung Hatta Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Bung Hatta E-mail: elmon.gunawan@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan penumpang transportasi online Go-Jek dan Grab di Kota Padang ditinjau dari Model Servqual. Penelitian ini didasarkan pada penyelidikan empiris kepada penumpang Go-Jek dan Grab di Kota Padang. Fokus penelitian ini adalah pada layanan Go-Ride dan Grab- Bike. Data primer dikumpulkan dari survei 138 kuesioner yang disebarkan pada penumpang Go-Jek dan Grab di Kota Padang, diantaranya 69 pada penumpang Go- Jek, dan 69 pada Penumpang Grab. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Uji Hipotesis dengan menggunakan uji beda Independent Simple T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat varian perbedaan antara kepuasan penumpang Go-Jek dan Grab di Kota Padang ditinjau dari Model Servqual. Berdasarkan hasil pengujian kelima dimensi yaitu Reability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty ditemukan hasli sebagai berikut. Untuk dimensi Reability dan Emphaty diduga terdapat perbedaan yang signifikan yang mana Go-Jek lebih unggul dibandingkan Grab. Sedangkan pada dimensi Tangibles, Responsiveness, dan Assurance diduga tidak mempunyai perbedaan yang siknifikan antara kepuasan penumpang Go-Jek dan Grab di Kota Padang Kata kunci: Kepuasan Penumpang, Reability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, Emphaty