ctrlnum 798
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/798/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 04 LUNDAR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN</title><creator>Albert, Hangara</creator><creator>Edrizon, Edrizon</creator><creator>Syafni, Gustina Sari</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret sampai 13 April 2019 di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang berjumlah 22 orang, terdiri atas 13 siswa laki-laki 9 siswa perempuan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana saling meningkatkan hasil belajar siswa cendrung rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan cara yaitu pencatatan lapngan, opservasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 59% pada siklkus I meningkat menjadi 86,4% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode inkuiri perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.&#xD; &#xD; Kata kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/1/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/2/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/3/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/4/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/5/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/6/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/7/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/798/8/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Albert, Hangara and Edrizon, Edrizon and Syafni, Gustina Sari (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 04 LUNDAR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>798</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Albert, Hangara
Edrizon, Edrizon
Syafni, Gustina Sari
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 04 LUNDAR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN
publishDate 2020
isbn 2011100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/798/1/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/2/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/3/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/4/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/5/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/6/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/7/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/8/1%20ALBERT%20HANGARA%201110013411095%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/798/
contents Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret sampai 13 April 2019 di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang berjumlah 22 orang, terdiri atas 13 siswa laki-laki 9 siswa perempuan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih dilaksanakan secara konvensional. Dimana saling meningkatkan hasil belajar siswa cendrung rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan cara yaitu pencatatan lapngan, opservasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 04 Lundar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 59% pada siklkus I meningkat menjadi 86,4% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode inkuiri perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang. Kata kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar
id IOS14200.798
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:27:51Z
last_indexed 2020-10-01T00:27:51Z
recordtype dc
_version_ 1686871790787231744
score 17.538404