Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing dengan membandingkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 37 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar telah valid dan reliabil. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping adalah 72.7 sedangkan pada kelas konvensional 64 selanjutnya dilakukan uji coba hipotesisi diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 8.209 > 2.155 dengan taraf nyata 0.05 dengan demikian hipotesis. Dengan demikian hipotesis H1 diterima. Terdapatnya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing. Kata Kunci :Model Pembelajaran Mind Mapping, hasil belajar, experiment, IPS