PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDN 94/III Siulak Deras Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci yang terdiri dari 2 kelas,pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara Random Samplingdan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data analisisdenganuji t padataraf α = 0,05. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (81,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72,73). Berdasarkan uji hipotesis harga t hitung ≥t tabel yaitu 3,04 > 2,01dengan α = 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci.Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci :The Power of Two, Hasil Belajar IPA.