Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang
ctrlnum |
679 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/679/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang.</title><creator>Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar
untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk
belajar matematika. Dalam kurikulum 2013 pada tahap menalar/mengasosiasi
membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Berdasarkan
permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Peneliti
memilih materi relasi dan fungsi yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep
matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD merupakan salah
satu sumber belajar yang digunakan peserta didik. Peserta didik biasanya lebih
tertarik menggunakan LKPD dibandingkan buku paket yang tebal.
LKPD ini dikembangkan menggunakan basis CTL dengan materi relasi
dan fungsi. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan
kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan
soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga
peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam
penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan LKPD berbasis CTL yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP
Negeri 14 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah
pengembangan LKPD Matematika berbasis CTL untuk kelas VIII SMP Negeri 14
Padang yang validan dan praktis?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (R & D). Metode pengembangan tang digunakan
adalah model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu : i) fase investigasi awal, ii)
fase desain, iii) fase realisasi, iv) fase tes, evaluasi dan, revisi dan v) fase
implementasi. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke empat yaitu
fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen
Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 32 orang peserta didik pada
kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Padang.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid
dengan rata-rata kevalidan 81,94%. Sedangkan hasil angket kepraktisan peserta
didik diperoleh rata-rata 90,48% dengan kriteria sangat praktis.
Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi relasi dan
fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang ini memiliki kriteria valid dan
praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/1/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/2/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/3/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/4/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/5/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/6/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/7/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/8/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>679</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim |
title |
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL)
Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100132110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/679/1/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/2/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/3/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/4/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/5/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/6/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/7/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/8/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/679/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar
untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk
belajar matematika. Dalam kurikulum 2013 pada tahap menalar/mengasosiasi
membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Berdasarkan
permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Peneliti
memilih materi relasi dan fungsi yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep
matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD merupakan salah
satu sumber belajar yang digunakan peserta didik. Peserta didik biasanya lebih
tertarik menggunakan LKPD dibandingkan buku paket yang tebal.
LKPD ini dikembangkan menggunakan basis CTL dengan materi relasi
dan fungsi. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan
kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan
soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga
peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam
penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan LKPD berbasis CTL yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP
Negeri 14 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah
pengembangan LKPD Matematika berbasis CTL untuk kelas VIII SMP Negeri 14
Padang yang validan dan praktis?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (R & D). Metode pengembangan tang digunakan
adalah model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu : i) fase investigasi awal, ii)
fase desain, iii) fase realisasi, iv) fase tes, evaluasi dan, revisi dan v) fase
implementasi. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke empat yaitu
fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen
Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 32 orang peserta didik pada
kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Padang.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid
dengan rata-rata kevalidan 81,94%. Sedangkan hasil angket kepraktisan peserta
didik diperoleh rata-rata 90,48% dengan kriteria sangat praktis.
Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi relasi dan
fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang ini memiliki kriteria valid dan
praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil |
id |
IOS14200.679 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-10-01T00:27:47Z |
last_indexed |
2020-10-01T00:27:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871790054277120 |
score |
17.538404 |