ctrlnum 679
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/679/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik&#xD; (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan&#xD; Contextual Teaching and Learning (CTL)&#xD; Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang.</title><creator>Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar&#xD; untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk&#xD; belajar matematika. Dalam kurikulum 2013 pada tahap menalar/mengasosiasi&#xD; membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Berdasarkan&#xD; permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan&#xD; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan Contextual&#xD; Teaching and Learning (CTL) pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Peneliti&#xD; memilih materi relasi dan fungsi yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep&#xD; matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD merupakan salah&#xD; satu sumber belajar yang digunakan peserta didik. Peserta didik biasanya lebih&#xD; tertarik menggunakan LKPD dibandingkan buku paket yang tebal.&#xD; LKPD ini dikembangkan menggunakan basis CTL dengan materi relasi&#xD; dan fungsi. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan&#xD; kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan&#xD; soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga&#xD; peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam&#xD; penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk&#xD; menghasilkan LKPD berbasis CTL yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP&#xD; Negeri 14 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah&#xD; pengembangan LKPD Matematika berbasis CTL untuk kelas VIII SMP Negeri 14&#xD; Padang yang validan dan praktis?&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau&#xD; Research and Development (R &amp; D). Metode pengembangan tang digunakan&#xD; adalah model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu : i) fase investigasi awal, ii)&#xD; fase desain, iii) fase realisasi, iv) fase tes, evaluasi dan, revisi dan v) fase&#xD; implementasi. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke empat yaitu&#xD; fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen&#xD; Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 32 orang peserta didik pada&#xD; kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Padang.&#xD; Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid&#xD; dengan rata-rata kevalidan 81,94%. Sedangkan hasil angket kepraktisan peserta&#xD; didik diperoleh rata-rata 90,48% dengan kriteria sangat praktis.&#xD; Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi relasi dan&#xD; fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang ini memiliki kriteria valid dan&#xD; praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/1/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/2/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/3/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/4/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/5/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/6/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/7/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/679/8/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>679</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim
title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang
publishDate 2020
isbn 2015100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/679/1/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/2/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/3/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/4/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/5/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/6/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/7/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/8/16%20MUTIARA%20OKTAVIA%20BAHRUL%20KOSIM%201510013211020%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/679/
contents Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk belajar matematika. Dalam kurikulum 2013 pada tahap menalar/mengasosiasi membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Peneliti memilih materi relasi dan fungsi yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan peserta didik. Peserta didik biasanya lebih tertarik menggunakan LKPD dibandingkan buku paket yang tebal. LKPD ini dikembangkan menggunakan basis CTL dengan materi relasi dan fungsi. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis CTL yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan LKPD Matematika berbasis CTL untuk kelas VIII SMP Negeri 14 Padang yang validan dan praktis? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Metode pengembangan tang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu : i) fase investigasi awal, ii) fase desain, iii) fase realisasi, iv) fase tes, evaluasi dan, revisi dan v) fase implementasi. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke empat yaitu fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 32 orang peserta didik pada kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Padang. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid dengan rata-rata kevalidan 81,94%. Sedangkan hasil angket kepraktisan peserta didik diperoleh rata-rata 90,48% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang ini memiliki kriteria valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil
id IOS14200.679
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:27:47Z
last_indexed 2020-10-01T00:27:47Z
recordtype dc
_version_ 1686871790054277120
score 17.538404