ctrlnum 675
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/675/</relation><title>Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas&#xD; VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan.</title><creator>Nur, Azizah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi&#xD; matematis. Namun kenyataannya dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan&#xD; komunikasi matematis siswa belum optimal. Siswa sering keliru dalam&#xD; menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai&#xD; kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah&#xD; matematika.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi&#xD; matematis tulis siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi&#xD; kemampuan komunikasi matematis tulis siswa.&#xD; Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis&#xD; penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari&#xD; 9 siswa, 3 siswa kategori tinggi, 3 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa&#xD; dengan kategori rendah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi&#xD; matematis, dan wawancara.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata&#xD; siswa dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis tulis adalah 52,14 dari skor&#xD; ideal 80. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis tulis SMP&#xD; Negeri 22 Padang dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan&#xD; komunikasi matematis tulis, yaitu : 1) Kemampuan siswa dalam menafsirkan&#xD; persoalan matematika. Dengan kemampuan menafsirkan soal, hal ini akan dapat&#xD; memudahkan siswa untuk menulis informasi yang di peroleh dari suatu&#xD; permasalah dengan benar. 2) Pemahaman materi. Dengan memahami materi,&#xD; maka peserta didik mampu menentukan rumus dalam menyelesaikan&#xD; permasalahan matematika.&#xD; Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan kepada guru untuk&#xD; lebih mengarahkan siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika&#xD; sesuai dengan tahapan yang benar dan menggunakan simbol-simbol matematika yang tepat, agar siswa lebih terarah dalam menyelesaikan soal dan kemampuan&#xD; komunikasi matematis menjadi lebih baik.</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/1/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/2/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/3/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/4/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/5/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/6/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/7/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/8/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Nur, Azizah (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>675</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nur, Azizah
title Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan
publishDate 2020
isbn 2015100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/675/1/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/2/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/3/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/4/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/5/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/6/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/7/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/8/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/675/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis. Namun kenyataannya dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa belum optimal. Siswa sering keliru dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 siswa, 3 siswa kategori tinggi, 3 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa dengan kategori rendah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata siswa dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis tulis adalah 52,14 dari skor ideal 80. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis tulis SMP Negeri 22 Padang dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis tulis, yaitu : 1) Kemampuan siswa dalam menafsirkan persoalan matematika. Dengan kemampuan menafsirkan soal, hal ini akan dapat memudahkan siswa untuk menulis informasi yang di peroleh dari suatu permasalah dengan benar. 2) Pemahaman materi. Dengan memahami materi, maka peserta didik mampu menentukan rumus dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan kepada guru untuk lebih mengarahkan siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika sesuai dengan tahapan yang benar dan menggunakan simbol-simbol matematika yang tepat, agar siswa lebih terarah dalam menyelesaikan soal dan kemampuan komunikasi matematis menjadi lebih baik.
id IOS14200.675
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:27:47Z
last_indexed 2020-10-01T00:27:47Z
recordtype dc
_version_ 1686871790042742784
score 17.538404