Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan
ctrlnum |
675 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/675/</relation><title>Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas
VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan.</title><creator>Nur, Azizah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi
matematis. Namun kenyataannya dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa belum optimal. Siswa sering keliru dalam
menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai
kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi
matematis tulis siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kemampuan komunikasi matematis tulis siswa.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis
penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari
9 siswa, 3 siswa kategori tinggi, 3 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa
dengan kategori rendah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi
matematis, dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata
siswa dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis tulis adalah 52,14 dari skor
ideal 80. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis tulis SMP
Negeri 22 Padang dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan
komunikasi matematis tulis, yaitu : 1) Kemampuan siswa dalam menafsirkan
persoalan matematika. Dengan kemampuan menafsirkan soal, hal ini akan dapat
memudahkan siswa untuk menulis informasi yang di peroleh dari suatu
permasalah dengan benar. 2) Pemahaman materi. Dengan memahami materi,
maka peserta didik mampu menentukan rumus dalam menyelesaikan
permasalahan matematika.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan kepada guru untuk
lebih mengarahkan siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika
sesuai dengan tahapan yang benar dan menggunakan simbol-simbol matematika yang tepat, agar siswa lebih terarah dalam menyelesaikan soal dan kemampuan
komunikasi matematis menjadi lebih baik.</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/1/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/2/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/3/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/4/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/5/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/6/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/7/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/675/8/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Nur, Azizah (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>675</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nur, Azizah |
title |
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas
VII SMP Negeri 22 Padang pada Materi Himpunan |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100132110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/675/1/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/2/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/3/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/4/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/5/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/6/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/7/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/8/14%20Nur%20Azizah%201510013211013%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/675/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi
matematis. Namun kenyataannya dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa belum optimal. Siswa sering keliru dalam
menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai
kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi
matematis tulis siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kemampuan komunikasi matematis tulis siswa.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis
penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari
9 siswa, 3 siswa kategori tinggi, 3 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa
dengan kategori rendah. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi
matematis, dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata
siswa dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis tulis adalah 52,14 dari skor
ideal 80. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis tulis SMP
Negeri 22 Padang dapat dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan
komunikasi matematis tulis, yaitu : 1) Kemampuan siswa dalam menafsirkan
persoalan matematika. Dengan kemampuan menafsirkan soal, hal ini akan dapat
memudahkan siswa untuk menulis informasi yang di peroleh dari suatu
permasalah dengan benar. 2) Pemahaman materi. Dengan memahami materi,
maka peserta didik mampu menentukan rumus dalam menyelesaikan
permasalahan matematika.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan kepada guru untuk
lebih mengarahkan siswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika
sesuai dengan tahapan yang benar dan menggunakan simbol-simbol matematika yang tepat, agar siswa lebih terarah dalam menyelesaikan soal dan kemampuan
komunikasi matematis menjadi lebih baik. |
id |
IOS14200.675 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-10-01T00:27:47Z |
last_indexed |
2020-10-01T00:27:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871790042742784 |
score |
17.538404 |