Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 07 Sungai Kuyung Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI dengan jumlah 44 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan ramdom sampling. Alat pengumpul data menggunakan tes. Analisis data uji statistik menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest untuk kelas ekperimen 77,68 sedangkan nilai rata-rata kelas kelas kontrol 71,73. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 2,41 > ttabel = 2,022. Dengan kata lain thitung ttabel, maka hipotesis H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SDN 07 Sungai Kuyung Kabupaten Pesisis Selatan. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Scramble.